Senin, 27 November 2017

MOBA KOK ANALOG

Arti moba kok analog dan moba kok satu lane, mau ngedrag (Dota vs Mobile legends vs Vainglory)

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi game juga sudah semakin berkembang. Jika zaman dahulu game 8 bit sangat mewah dan meriah di masanya, namun sekarang banyak game 3D yang graphicnya sangat memukau dan enak di pandang mata. Namun game yang hanya mengandalkan gambar / graphic saja tidak akan menarik jika gameplay atau konsep permainan game tersebut sangat jelek. 

Arti moba kok analog dan moba kok satu lane, mau ngedrag (Dota vs Mobile legends vs Vainglory)

Di lihat dari sejarahnya, menurut wikipedia, konsep game MOBA pertama kali terdapat pada salah satu game sega genesis (Tahun 1989) yang berjudul “Herzog zwei”. Nah, kembali ke permasalahan tentang game MOBA. Belakangan ini para netizen dan gamer disibukkan dengan debat yang sama sekali tidak bermutu, antara player dota dan juga player game MOBA buat hp (mobile game). Mereka mendebat tentang game MOBA tapi kok memakai analog, dan juga game MOBA kok satu lane, apa mau ngedrag ?. Nah, Sebenarnya apasih pengertian dari istilah yang tersebut diatas ?, sampai-sampai para gamer saling ejek di dunia maya ?.

1. Arti dan maksud MOBA kok analog

Ejekan ini ditujukan kepada para pemain atau player game Mobile Legends, karena pada game Mobile legends, memakai kontrol analog (keypad touch / touch pad / layar sentuh) pada game nya. Padahal hal tersebut memudahkan dalam mengontrol karakter game. Karena memang game tersebut di khususkan untuk platform mobile (misal : android), jadi wajar jika memakai kontrol touch, entah itu memakai analog, atau kontrol lainya tidak menjadi masalah. Karena memang game tersebut bukanlah game pc desktop, jadi wajar menyesuaikan platform dan media yang dipakai. Masa iya game MOBA harus memakai keyboard, padahal game moba yang pertama kali saja memakai joystick. :v

2. Arti dan maksud MOBA kok 1 lane, mau ngedrag

Nah, ejekan yang 1 ini ditujukan kepada player game Vainglory. Karena arena atau map yang dipakai dalam game vainglory memakai sistem satu lane atau satu jalur. Bukan 3 lane / 3 jalur kotak kanan, tengah, dan kiri seperti game MOBA pada umumnya. Jadi dianggap buat arena ngedrag atau juga arena balap. Padahal ini juga tidak menjadi masalah, karena memang game penuh dengan inovasi, jadi sama sekali tidak perlu repot-repot didebatkan. Sesuai perkembangan masa dan zaman pasti banyak perubahan dan juga inovasi di setiap genre dan tipe game.

Intinya adalah, semua yang tersebut diatas, entah itu game MOBA memakai analog atau memiliki satu lane, tidaklah menjadi masalah. Karena tujuan game adalah buat hiburan, buat menghibur manusia, bukan malah buat ajang permusuhan dan perdebatan. Maka dari itu sebaiknya para gamer yang terlalu fanatik membuka matanya. Karena zaman pasti berubah, waktu terus berlalu, maka inovasi dan kreasi dalam game pun akan terus berlanjut. Kalau ditanya mana yang lebih baik, antara dota, mobile legends dan juga vainglory ?. Jawaban nya, semuanya baik, tiap game Memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. TAMAT.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar